APA ITU HOAX!

Berita-hoax

Hoax, sahabat semua pernah dengar apa itu hoax? Yups, kata itu dewasa ini sudah menjadi konsumsi kita sehari-hari, khususnya bagi sahabat yang aktif di media sosial baik facebook, twitter, Instagram atau media sosial lainnya. Hoax bisa diartikan sebagai Berita bohong, berita palsu, berita provokasi atau berita bodong.

Apabila sahabat merupakan termasuk yang aktif di media sosial, harus berhati-hati nih dengan yang namanya hoax atau berita bohong, nah disini kita akan mengenali apa saja yang termasuk hoax dan bagaimana cara kita membedakan berita yang benar dan berita yang palsu.

Pertama, Kenali Reputasi media, nah sahabat semua, kita mesti tahu media mana yang kit abaca atau tonton, apakah kredibel atau selalu menyuguhkan berita yang benar. Caranya adalah dengan sahabat terjut langsung ke lokasi dimana berita itu dibuat, tapi tidak usah memaksakan ya, kalo sahabat sedang di Bandung lalu kejadian di Papua, tidak usah juga terjun langsung kesana. Jadi lakukan untuk lokasi-lokasi terdekat untuk membuktikan bahwa media tersebut memiliki reputasi yang baik. Missal, di dekat sahabat baru saja terjadi kecelakaan yang mengakibatkan 6 orang luka ringan dan 2 orang luka berat, nah cobalah untuk terjun ke lokasi untuk mencari tahu apa yang terjadi sesuai fakta, lalu kemudian lihatlah media yang memberitakan kejadian yang sama, apakah data sahabat sama dengan media itu sajikan ataukah berbeda, apabila berbeda artinya bisa saja media itu kurang kredibel karena berisi data yang tidak tepat bahkan cenderung palsu.

Kedua, langkah mudah lainnya untuk membedakan bahwa suatu media itu tidak kredibel adalah dengan melihat nama media dan dewa redaksinya. Bagi yang aktif di media sosial, nama-nama yang aneh hingga unik selalu muncul menjadi sumber sebuah informasi, fyi, untuk membuat media diperlukan ijin dan setidaknya terdaftar di Dewan Pers. Kemudian lihatlah di media tersebut harus terdapat redaksi, lamat kantor beserta no telponnya, ini berguna agar masyarakat punya hak jawab ketika berita yang disuguhkan tidak benar atau memerlukan klarifikasi.

Ketiga, perhatikan judul beritanya, biasanya sebuah berita Hoax selalu muncul dengan judul yang aneh atau memprovokasi. Hal ini yang biasanya membuat beberapa orang dengan tidak piker panjang tanpa membaca menshare berita yang isinya belum diketahui, bahkan sahabat, tak jarang yang di ambil judul A, yang muncul pembahasan adalah tentang B.

Keempat, langkah ini merupakan langkah penting yang perlu dilakukan adalah dengan mengetahui dan belajar ilmu jurnalistik, baik menulis naskah berita hingga proses reportase dan lain sebagainya, karena dengan mengetahui ilmunya, sahabat bisa dengan mudah membedakan mana berita benar dan mana berita Hoax.

Sahabat semua, selalu teliti dan hati-hati dalam menerima sebuah informasi, tidak mudah like, coment dan share. Karena pada masa ini, Hoax b sudah menjadi tataran industri, berita bohong diperjualbelikan, dan memprovikasi serta mengadu domba bangsa sendiri. (rmln)

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *