Sidak Makmin Tim Gabungan Temukan Makanan Kadaluarsa dan Borax

Bondowoso – Anda yang tinggal di Bondowoso sebaiknya lebih teliti saat akan membeli makanan dan minuman (makmin) dalam kemasan, terutama di minimarket, supermarket, atau toko. ,pasalnya  sidak gabungan dari Polres ,Diskoprindak,Dinkes,Bagian Hukum,serta Satpol  PP dalam OPS hari ini 6/6/2017 menemukan sejumlah makmin kadaluarsa.

Kepala Satpol PP Bondowoso Jawa Timur  Aries Agung Sungkowo menyampaikan,”Saat sidak  yang digelar di 3 Wilayak Kecamatan yaitu Pasar Wonosari,Tapen, dan Klabang petugas menemukan makanan dan minuman yang sudah tidak layak jual atau kadaluarsa. Bahkan, petugas juga menemukan makanan dalam kemasan yang sudah pesok.

Lebih lanjut disampaikan tak hanya mini marketn ,petugas gabungan juga mendatangi beberapa toko yang menjual berbagai macam jenis makmin,”Selain memeriksa tanggal kadaluarsa, petugas juga memberi teguran kepada pemilik toko atau pedagang untuk tidak lagi menjual makmin kadaluarsa. “Jika nanti ditemukan kembali menjual makmin yang sudah kadaluarsa, petugas akan memberikan sanksi tegas” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso dr.H M.Imron,M.M.Kes menyampaikan Sidak untuk memastikan agar tidak ada makanan dan minuman yang mengandung zat berbahaya dan makanan atau minuman kadaluarsa yang beredar selama Ramadhan.Bila menemukan makanan dan minuman yang kadaluarsa, tim menarik makmin tersebut dari peredaran.

“Tim juga mengecek seluruh kemasan makanan dan minuman yang dijual di pusat perbelanjaan guna memastikan produk tersebut layak konsumsi.Sidak sebagai pelaksanaan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Kosumen,” kata Imron.

Lanjutnya, sidak makanan dan minuman kadaluarsa untuk menjamin keamanan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi masyarakat selama Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri. ” Produk yang disita akan diperiksa dilaboratorium. Sebab kita hendak memastikan apakah produk tersebut layak konsumsi atau tidak,” tegasnya.

Terakhir, Imron mengatakan bahwa sidak seperti ini akan dilakukan secara berkala selama Ramadan  “Kami mengimbau kepada seluruh konsumen agar lebih berhati-hati dalam membeli berbagai jenis makanan dan minuman. Cek dulu tanggal kadaluarsanya sebelum membeli perhatikan juga kemasannya,” pesannya.

Dari hasil sidak banyak ditemukan makanan dan minuman yang sudah kadarluarsa seperti susu,makanan ringan dan lainya,juga ditemukan bleng kristal atau borax.

Sidak makanan dan minuman itu dimulai 06 s/d 08 Juni 2017, dengan tujuan untuk memberikan rasa nyaman kepada para konsumen.

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *