Sekolah 5 hari dan Fullday, Apa Pendapat Anda?

Muhadjir Effendy menerbitkan Peraturan Menteri (Permen), terkait lima hari masuk sekolah yang rencananya akan diberlakukan pada tahun ajaran baru 2017-2018.

Tentu saja peraturan Baru tersebut memuai banyak pro dan kontra di kalangan masyarakat.

dikutip dari laman Tribun Pontianak Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zainut Tauhid dan Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listyarti, khawatir kebijakan tersebut akan berpengaruh terhadap praktik penyelenggaraan pendidikan keagamaan yang selama ini dikelola oleh swadaya masyarakat. Seperti Madrasah Diniyah dan pesantren biasanya kegiatan belajarnya dimulai sepulang dari sekolah umum (SD, SMP, SMU).Selain itu gubernur Jawa barat Ahmad Heryawan ikut berkomentar di kutip dari laman detik news “Mungkin nanti ada tabrakan kepentingan dengan Madrasah Diniah khususnya bagi yang SD dan SMP. Nanti Diniah jadi hilang dong,”

Menanggapi kekhawatiran tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengakui, masih ada persepsi yang salah di sebagian masyarakat, seolah anak-anak masuk kelas selama delapan jam, diberi pelajaran terus-menerus. Sama sekali tidak, kata Muhajir. Pelajaran itu tetap mengacu pada Kurikulum 2013, cuma nanti diperbanyak pada kegiatan kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Pada SD dan menengah (SMP) akan diperbanyak program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). “Lima karakter prioritas ynang harus diajarkan adalah keagamaan, nasionalisme, gotong royong, integritas dan karakter pribadi seperti toleransi, jujur serta pantang menyerah,” kata Muhadjir di Gedung DPR, Selasa (13/6).

Jadwal masuk sekolah 5 hari sepekan juga akan ditetapkan secara selektif dan bertahap. Tahun ini targetnya hanya 5000 sekolah yang ikut jadwal masuk lima hari dalam sepekan. Bandingkan dengan total jumlah sekolah umum di Indonesia yang menurut data Kemendikbud, pada tahun 2016 mencapai 297.368 unit. Kemendikbud masih akan memetakan sekolah-sekolah terutama negeri yang sudah siap menerapkan jadwal masuk lima hari dalam sepekan.Dengan demikian diharapkan kebijakan baru tersebut dapat berjalan dengan lancar. (Nas)

Comments

comments




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *